Translate

11/30/2016

Edwin

Deklarasi Variabel dan Tipe Data Variabel pada Pemrograman C++ [Materi 3]

Variabel merupakan tempat penyimpanan data dalam pemrograman C++ (Begitu juga pemrograman lainnya). Varibel mempunyai tipe data yang harus dideklarasikan sebelum penulisan nama variabel. Fungsi tipe data variabel untuk menterjemahkan perintah-perintah program dengan benar dalam hal ini varibel. Misal, penjumlahan tipe data int berbeda dengan float. Pada materi 3 ini menjelaskan tentang deklarasi variabel dan tipe data variabel pada pemrograman C++
Materi sebelumnya kita telah membahas Dasar Pemrograman C++ dan pada materi 3 membahas variabel pemrograman C++. Pada materi ini kita akan mengenal apa itu variabel, tipe data apa saja yang digunakan dan juga cara penulisan nama variabel C++. Supaya mempermudah materi ini dibagi menjadi beberapa point, dan penjelasan disetiap point pembahasan, point tersebut yaitu :
Klik link di atas untuk menuju pembahasan yang diinginkan

1. Tipe Data Variabel C++

Tipe data variabel pada pemrograman C++
Gambar di atas adalah beberapa macam tipe data pada pemrograman C++, tetapi sebagai bahan pembelajaran kita akan membahas 3 tipe data variabel, yaitu tipe data char untuk karakter, tipe data int untuk bilangan bulat dan tipe data float untuk pecahan desimal. Bentuk penulisan sebagai berikut:

char nama_variabel;
int nama_variabel;
float nama_variabel;
Tipe data ditulis di depan nama variabel kemudian diikuti dengan nama variabel, penulisan nama variabel kita bahas berikut ini.


2. Deklarasi Nama Variabel C++

Deklarasi nama variabel pada pemrograman C++ tidak bisa ditulis sembarangan, ada atura-aturan penulisan supaya tidak ada kesalahan pada program. Pemrograman C++ sudah memberikan beberapa aturan yang harus kita pahami juga memudahkan kita dalam memberi nama variabel. Berikut aturan yang biasa digunakan!

a. Bersifat case-sensitive
Case-sensitive artinya adalah membedakan penggunaan antara huruf kecil dan huruf besar. Variabel nama , Nama , NAMA akan dianggap nama variabel yang berbeda. Misalkan pada saat deklarasi variabel menggunakan variabel nama sedangkan ketika dipanggil menggunakan variabel Nama, maka terdapat kesalahan ketika program dijalankan.

b. Tidak boleh diambil dari kata keyword
Di dalam pemrograman c++ terdapat keyword yang tidak boleh digunakan untuk nama variabel. Berikut adalah daftar keyword pada pemrograman C++.

keyword pemrograman c++

c. Terdiri dari huruf dan angka
Penulisan nama variabel boleh menggunakan huruf, angka dan underscore " _ ". Setiap akhir nama variabel ditutup dengan titik koma " ; " Contohnya:

int tinggi;
int tinggi2;
int tinggi_badan;

d. Tidak boleh menggunakan angka didepan
Syarat yang ini berhubungan dengan syarat no 3 ketika menggunakan angka dan huruf, tidak boleh angka berada didepan.

3. Contoh Program Deklarasi Variabel C++

Kode Program
#include <iostream.h>
#include <conio.h>

void main(){
    // ini sialisasi variabel
   char huruf;
   int angka1;
   float tinggi_badan;

   cout<<"Masukkan huruf : "; cin>>huruf;
   cout<<"Masukkan angka : "; cin>>angka1;
   cout<<"Masukkan tinggi : "; cin>>tinggi_badan;

   cout<<"\nHuruf : "<<huruf;
   cout<<"\nAngka : "<<angka1;
   cout<<"\nTinggi : "<<tinggi_badan;

   getch();
}

Output


Penjelasan program


Tanda Panah
Kalimat yang ditunjukkan tanda panah adalah komentar, untuk menulis satu baris komentar di awali dengan " // " kemudian diikuti dengan komentar sedangkan untuk menulis komentar banyak baris menggunakan " /* ..... */ ". Seperti contoh :

/*
komentar
banyak
baris
*/

Kotak merah pertama
Inilah inti dari materi 3 kita. Di dalam kotak merah pertama terlihat cara deklarasi variabel yang diawal dengan tipe data kemudian diikuti nama variabel.

Kotak merah kedua
Di dalam kotak tersebut adalah cara memanggil variabel menggunakan inputan " cin "

Kotak merah ketiga
Di dalam kotak tersebut adalah cara memanggil variabel dan menampilkan isi dari variabel ke layar.

Untuk penjelasan tentang input dan output pemrograman C++ silakan klik link berikut:
Contoh dan Perintah Input dan Output pada Borland C++

Demikianlah isi dari materi 3 tentang Deklarasi Variabel dan Tipe Data Variabel pada C++ semoga bermanfaat. Jangan sungkan-sungkan untuk bertanya di kotak komentar di bawah ini, semampunya akan dijawab dan apabila ada kesalahan dari artikel ini mohon diberitahu kepada kami. Terima kasih kunjungannya.

Edwin

About Edwin -

Seorang blogger yang ingin berbagi pengetahuan dan berharap blog ini bermanfaat buat para pembaca.

Subscribe to this Blog via Email :

Ada yang bisa dibantu? terkait dengan pembahasan di atas.