Translate

11/28/2016

Edwin

Perintah Input Output pada Pemrograman Java [Materi 5]

Dalam membuat program memasukkan data secara dinamis adalah suatu hal yang cukup penting, ketika kita membuat program seperti sistem informasi penjualan, inputan dinamis diperlukan. Ada beberapa perintah input output pemrograman Java dan akan kita bahas pada materi 5 ini.

Materi sebelumnya : Macam-macam Operator Aritmatika pada Pemrograman Java [Materi 4]

Untuk mendapatkan inputan dari keyboard, ada 3 perintah input pemrograman java yang akan dibahas yaitu perintah input BufferedReader, perintah input Scanner, dan perintah input JOptionPane.showInputDialog.
Sedangkan untuk perintah output program java ada 2 yaitu menggunakan System.out.print yang biasa digunakan pada materi sebelumnya dan yang kedua menggunakan JOptionPane.showMessageDialog.

Supaya lebih mudah dipahami, dari 5 perintah di atas akan dibagi menjadi 2 kelompok. Perintah input BufferedReader, Scanner dan output System.out.print menjadi satu kelompok sedangkan perintah JOptionPane.showInputDialog dan output JOptionPane.showMessageDialog menjadi satu kelompok.

A. BufferedReader, Scanner dan System.out.print

Perintah input BufferedReader dan Scanner digunakan untuk menginput data secara dinamis atau menginputkan data ketika program dijalankan. Untuk output dari kedua input tersebut menggunkan System.out.print.
Penjelasan di bawah juga sudah termasuk penjelasan tentang output System.out.print

1. Perintah Input BufferedReader

BufferedReader merupakan class yang ada di dalam paket java.io, untuk menggunakan class ini kita juga harus mendeklarasikan satu class lagi yaitu class InputStreamReader yang terdapat di dalam paket java.io. kedua class tersebut harus diimport terlebih dahulu. Supaya lebih mudah dipahami,perhatikan kode berikut berikut:
contoh kode program input BufferedReader pada Java
Dari gambar di atas, ada 4 kotak merah yang menandakan penggunaan input BufferedReader prongram Java. Kita bahas satu per satu.

Kotak 1 Import paket java.io

import paket java.io pada java
Class BufferedReader dan class InputStreamReader merupakan satu paket yang terdapat pada java.io. Cara import kedua kelas tersebut tidak harus seperti di gambar, bisa menggunakan seperti berikut

import java.io.*;

Tanda bintang " * " menyatakan bahwa java.io mengeluarkan semua kelas termasuk class BufferedReader dan class InputStreamReader. Dari cara import di atas silakan pilih mau menggunakan yang mana tergantung kesukaan masing-masing hasilnya sama.

Kotak 2 throws Exception

throws Exception pada Java
Berfungsi sebagai mencegah kesalahan yang terjadi ketika program dijalankan. Untuk percobaan silakan hilangkan throws Exception maka akan terjadi error.

Kotak 3 Instansi Class BufferedReader

Instance class BufferedReader
Cara memanggil kelas lain pada pemrograman Java akan dibahas pada materi lain.

Kotak 4 Pemanggilan Objek dan Variabel

Dari pemanggilan class di kotak no 3 di atas ada objek " br ", br mewakili class BufferedReader untuk memanggil method readLine(). Method readLine() digunakan untuk mengambil inputan dari keyboard kemudian disimpan di dalam variabel nama.
Setelah semua proses input dijalankan maka variabel nama dipanggil di output dengan kode System.out.print dan akan menampilkan hasil inputan yang ada di dalam variabel nama dengan tipe data String.

Bagaimana kalau tipe datanya bukan String. Apakah sama pemanggilan variabelnya?

Memang, kalau kita menggunakan class BufferedReader dengan tipe variabel bukan String, maka pemanggilannya pun berbeda. Kita ambil contoh tipe data integer dan double. Kita tidak bisa secara langsung memanggil variabel integer atau double dengan cara " br.readLine() ", karena method tersebut untuk String dan kita harus mem-parse menjadi integer atau double. Selengkapnya perhatikan gambar di bawah!
Perintah input BufferedReader parseInt dan parseDouble pemrograman Java
Kita lihat kotak merah yang kedua.
parseInt dan parseDouble dalam Java
Di dalam kotak tersebut terdapat kode untuk konversi string ke int dan string ke double.
angka_bulat = Integer.parseInt(br.readLine()); fungsinya untuk merubah input keyboard yang ada pada method br.readLine dengan tipe data String menjadi tipe data integer dengan kemudian disimpan di dalam variabel angka_bulat.
pecahan = Double.parseDouble(br.readLine()); fungsinya untuk merubah input keyboard yang ada pada br.readLine dengan tipe data String menjadi tipe data double kemudian disimpan di dalam variabel pecahan.
Itulah cara input data pemrograman Java menggunakan kelas BufferedReader, selanjutnya kita bahas menggunakan Scanner.

2. Perintah Input Scanner

Perintah input menggunakan Scanner sebenarnya sama, yaitu untuk menginputkan data ketika program dijalankan dan menggunakan output System.out.print, yang membedakan adalah lebih simpel dan untuk pemanggilan variabel dengan tipe data berbeda tidak perlu parse atau konversi sudah tersedia method tersendiri. Perhatikan gambar berikut!.
contoh input program java menggunakan class Scanner
Dari gambar di atas sudah terlihat jelas perbedaannya. Kita tidak membahas satu per satu dari kotak merah di atas karena penjelasanya sama dengan penjelasan BufferedReader yang membedakan kodenya dan dari gambar di atas teman-teman sudah bisa tau seperti apa kode input menggunakan class Scanner.
Jika ada pertanyaan silakan tinggalkan komentar di bawah, semampunya akan saya jawab. Sekarang kita masuk ke pembahasan kelompok 2 yaitu inputan program java menggunakan JOptionPane dan output menggunakan Dialog Box.

B. Input Output JOptionPane

JOptionPane adalah sebuah class yang ada di dalam paket javax.swing yang biasa digunakan untuk membuat program java GUI (Meteri java tentang GUI akan dibahas secara terpisah). JOptionPane merupakan cara lain untuk input dan output data dengan menggunakan dialog box standar yang memberikan kemudahan kepada user.
Penggunakan class JOptionPane harus menyertakan import seperti berikut :

import javax.swing.JOptionPane;

Dan untuk mendapatkan inputan dari user, JOptionPane menggunakan method showInputDialog untuk input dan method showMessageDialog sebagai outputnya. Untuk menyimpan data ke dalam variabel yang bukan tipe data String, kita juga harus mengkonversikan ke tipe data yang kita inginkan. Sebagai pembahasan kita ambil tipe data String dan double.

Tipe data String

Sebagai contoh kita menggunakan variabel nama.
nama = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Nama : ");

Tipe data double

Sebagai contoh kita menggunakan variabel tinggi.
Di sini kita harus mengkonversikan inputan dari user menjadi tipe data double supaya bisa disimpan di variabel tinggi.

tinggi = Double.parseDouble(JOptionPane.showInputDialog("Masukkan tinggi : "));

Cara compile dan jalankan program masih tetap sama menggunakan Command Prompt dengan perintah sama dengan kelas BufferedReader. Berikut contoh program input output JOptionPane
Contoh input program Java menggunakan JOptionPane
Sedangkan untuk compile jalan programnya tetap sama
compile dan run JOptionPane
Proses input dan output program.
Ketiga gambar di atas adalah proses input dan output program Java menggunakan class JOptionPane. Proses inilah yang membedakan dengan class BufferedReader dan Scanner, JOptionPane menggunakan dialog box untuk proses input dan outputnya sedangkan yang lain menggunakan Command Prompt.

Sekian dulu pemabahasan materi 5 tentang Perintah Input Output pada Pemrograman Java. Silakan tinggalkan komentar jika ada pertanyaan atau jika ada kesalahan dari artikel ini mohon diberitahu.
Terima kasih kunjungannya.

Edwin

About Edwin -

Seorang blogger yang ingin berbagi pengetahuan dan berharap blog ini bermanfaat buat para pembaca.

Subscribe to this Blog via Email :

Ada yang bisa dibantu? terkait dengan pembahasan di atas.