Translate

3/02/2014

Unknown

Pengertian Web dan Istilah Dalam Pemrograman Web

Dewasa ini istilah web bukan hal yang asing lagi, apalagi di kalangan mahasiswa dan pangusaha-pengusaha sukses, web bagi mereka adalah suatu kebutuhan yang sangat mendukung kinerja mereka. Namun banyak dari mereka atau pun kita sebagai pengguna web tidak mengetahui apa itu sebenarnya web dan istilah-istilah yang ada di dalam web itu sendiri. Membicarakan web kita tidak lepas dari kata situs web, diantara web dengan situs web itu berbeda dan situs web inilah yang banyak dicari orang saat mengakses ke jaringan internet. Dengan adanya situs ini kita bisa dengan mudah mengetahui suatu web.
Di dalam web ada beberapa istilah yang harus kita ketahui seperti HTTP (HyperText Transfer Protocol) dan WWW (World Wide Web)
. Saat kita mengakses web tanpa sadar kita sudah berinteraksi dengan istilah HTTP dan WWW, terkadang saat kita mengetik suatu situs tercantum kata http dan www tetapi kita tidak tahu apa itu sebenarnya. Apa itu web, situs web dan istilah apa saja yang ada di dalamnya? berikut jawabannya.

Pengertian Web dan Situs Web

Pengertian Web

Web adalah suatu aplikasi yang di dalamnya berisikan dokumen-dokumen text, gambar, animasi dan video atau aplikasi yang berisikan dokumen multimedia yang ditransfer menggunakan protokol HTTP (HyperText Transfer Protocol) dan diakses menggunakan browser seperti mozilla firefox, google chrome, opera dll.

Pengertian Situs Web

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa situs web adalah kumpulan dari halaman web yang sudah dipublikasikan dan memiliki domain/URL atau alamat dari halaman-halaman web yang sudah tercantum di internet dan memiliki domain/URL. Sehingga dengan adanya situs ini orang dengan mudah mencari halaman web kita.

Istilah-istilah Dalam Web

Dalam hal ini saya hanya membahas beberapa istilah web di antaranya HTTP, WWW, URL dan URI.

HTTP (HyperText Transfer Protocol)

HTTP adalah protokol yang dipergunakan untuk mengirim dokumen dalam word wide web (www). HTTP ini adalah sebuah protokol meminta/menjawab antara client dan server dengan membuat hubungan antara keduanya.

WWW (World Wide Web)

WWW adalah halaman-halaman website yang dapat saling terhubung antara halaman website satu dengan halaman website lainnya (hyperlink) sehingga membentuk samudra belantara informasi dan menyediakan informasi yang begitu banyak. WWW berjalan dengan protokol HTTP untuk mentransfer semua dokumen.

URL (Uniform Resource Locator)

URL adalah rangkaian karakter dengan suatu format standar tertentu untuk menunjukkan alamat suatu sumber atau menunjukkan sumber suatu dokumen dari mana dokumen itu di dapatkan dan dimana tempat dokumen itu berada.

URI (Uniform Resource Identifier)

URI adalah sebuah untaian karakter untuk mengidentifikasikan nama, sumber atau layanan di internet. URI dituliskan dalam satu baris teks juga untuk menunjukkan suatu halaman web termasuk lokasi cade fragment dan scheme.

Unknown

About Unknown -

Seorang blogger yang ingin berbagi pengetahuan dan berharap blog ini bermanfaat buat para pembaca.

Subscribe to this Blog via Email :

2 komentar

Write komentar
Unknown
AUTHOR
Nov 2, 2015, 8:09:00 PM delete

Mohon maaf bro, bukannya www singkatan dari World Wide Web ya? Ko disitu Word Wide Web

Reply
avatar
Edwin
AUTHOR
Nov 4, 2016, 10:16:00 AM delete

Iya bro, udah saya edit, thanks bro

Reply
avatar

Ada yang bisa dibantu? terkait dengan pembahasan di atas.